Pangkostrad Menghadiri Uji Demo Rancang Bangun Weaponied Drone Tahap ll-ll TA. 2024

Jakarta. Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Mohamad Hasan didampingi Asren Kostrad, Asops Kaskostrad dan Danpusdiklatpassus Kopassus Brigjen Ahmad Fikri Musmar menghadiri Uji Demo kegiatan Rancang Bangun Weaponied Drone Tahap ll-ll TA. 2024 yang dilaksanakan di Pusdiklatpasus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat. Kamis (17/10/2024).

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi drone telah berkembang pesat, dengan aplikasi yang meliputi pengiriman barang, pemantauan, hingga misi militer. Salah satu inovasi terbaru adalah Drone Helli, sebuah drone tempur yang dirancang untuk menembakkan senjata serbu dengan akurasi tinggi. Drone ini dikendalikan oleh dua operator, yaitu operator drone dan operator senjata, yang bekerja sama untuk melaksanakan misi secara efektif.

Operator Drone bertanggung jawab untuk mengendalikan pergerakan dan navigasi drone. Mereka memantau lingkungan sekitar dan memastikan drone dapat beroperasi dengan aman, menghindari rintangan dan mencapai lokasi target.

Sedangan operator Senjata bertugas engendalikan sistem senjata dan bertanggung jawab untuk menilai target dan melakukan tembakan. Mereka menggunakan perangkat lunak canggih untuk menganalisis data dan memastikan bahwa setiap tembakan dilakukan dengan akurat dan efektif.

Dalam sambutannya, Pangkostrad mengatakan akan terus menjaga kerjasama yang baik dengan pihak terkait untuk selalu menciptakan alat-alat yang bisa mendukung dalam setiap tugas TNI khususnya Kostrad.

“Kedepannya, pengembangan dan penerapan Drone Helli diharapkan dapat dilakukan dengan pertimbangan yang matang terhadap aspek etika dan regulasi. Selain itu, peningkatan sistem kecerdasan buatan (AI) dapat meningkatkan kemampuan analisis data drone, menjadikannya alat yang semakin efektif di medan tempur,” pungkas Pangkostrad. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed