Irkostrad Pimpin Taklimat Awal Audit Kinerja Tahap II TA 2024

Jakarta. Inspektur Kostrad (Ir Kostrad) Mayjen TNI Choirul Anam, S.E., M.M mewakili Panglima Kostrad Mayjen TNI Mohamad Hasan memimpin acara Taklimat Awal Audit Kinerja Tahap II TA 2024 yang digelar di ruang Yudha Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Selasa (22/10/2024).

Audit Kinerja Tahap II ini akan dilaksanakan mulai tanggal 21 Oktober s.d. 8 November 2024 terdiri dari 2 Tim, Tim A akan melaksanakan audit di Staf Umum Makostrad, Sat/Balak Kostrad dan Satjar Divif 1 Kostrad dan Tim B akan melaksanakan audit di Staf Umum, Sat/Balak Kostrad dan Satjar Divif 2 Kostrad.

Kegiatan Audit Kinerja yang dilaksanakan oleh Inspektorat Kostrad selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan Kostrad, merupakan implementasi dalam rangka menjalankan tugas pokok untuk “Membantu Pangkostrad dalam menyelenggarakan pengawasan kinerja dan perbendaharaan terhadap organisasi di satuan jajaran Kostrad guna mendukung tugas pokok Kostrad.

Dalam sambutannya, Irkostrad mengucapkan terima kasih kepada para peserta sekalian yang telah meluangkan waktunya untuk hadir pada acara Taklimat Awal ini baik secara tatap muka maupun melalui Vicon, serta kepada satuan/staf yang telah membantu dan memfasilitasi sehingga terselenggarananya acara Taklimat Awal ini.

“Secara umum pengawasan merupakan salah satu fungsi manajemen yang dilaksanakan secara berkesinambungan dengan tujuan untuk menjaga agar pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi selalu berada pada arah dan tujuan yang telah ditetapkan. Begitu juga halnya dengan kegiatan Audit Kinerja Itkostrad merupakan kegiatan yang independen dan objektif dalam bentuk pemberian keyakinan serta konsultasi yang dirancang untuk memberi nilai tambah (value added) guna mewujudkan tujuan organisasi,” kata Irkostrad.

“Sasaran audit Itkostrad adalah bidang kinerja dan perbendaharaan pada Program Kerja dan Anggaran Kostrad TA 2024 yang telah dilaksanakan. Disamping itu kegiatan audit ini juga akan mengecek sampai sejauh mana kepedulian dan peran para Dansat untuk menindaklanjuti terhadap temuan audit dari BPK RI, Itjen TNI dan Itjenad,” tambah Irkostrad.

Tujuan dilaksanakannya audit ini adalah untuk memberikan keyakinan dan layanan konsultasi bagi satuan untuk memberikan nilai tambah, meningkatkan tata kelola, manajemen risiko dan proses pengendalian serta pencegahan dini terjadinya kekeliruan dalam pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran.

“Untuk itu manfaatkan Tim Audit ini untuk berkonsultasi dan berkoordinasi sehingga mendapatkan solusi yang terbaik bagi satuan,” ujar Mayjen TNI Choirul Anam, S.E., M.M.

“Saya telah memerintahkan kepada Tim Audit Kinerja Itkostrad agar tetap fokus dalam pelaksanaan pengawasan dan menjunjung tinggi prinsip pengawasan sehingga dapat membantu satuan jajaran untuk meminimalisir tingkat kesalahan dalam penyelenggaraan Program Kerja dan Anggaran TA 2024, selain itu saya juga berharap agar seluruh satuan yang menjadi sasaran Audit Kinerja Tahap II turut berperan aktif memaksimalkan kinerja, sesuai kepercayaan yang sudah diberikan Pangkostrad kepada seluruh satuan jajaran untuk bisa mengambil langkah nyata yang konstruktif dan komprehensif,” jelas Irkostrad.

Diakhir sambutannya, Irkostrad menghimbau dan mengajak untuk sama-sama menciptakan suasana kerja yang harmonis, saling terbuka, saling percaya dan dapat bekerjasama dengan baik, sehingga apabila terdapat kesalahan dan kekeliruan dalam penyelenggaraan kegiatan serta administrasi pertanggungjawaban keuangan bisa dirumuskan dan ditemukan solusi lebih lanjut. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed