JAJARAN LANTAMAL III JAKARTA, LANAL BANTEN BERHASIL MENGGAGALKAN PENYELUNDUPAN BENIH BENING LOBSTER BERNILAI MILYARAN RUPIAH

TNI AL – Dispenlantamal3. Jajaran Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta dalam hal ini Pangkal TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten bersama Satgas Gabungan berhasil menggagalkan penyelundupan benih bening lobster (BBL) di wilayah Kota Cilegon sebanyak 77.800 ekor bertempat di Depan PT. Alas Roban Progresif Kubang Sari, Cilegon, Kamis (13/06/2024).

Dalam penangkapan tersebut, Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Arif Rahman, S.T., M.Tr. Hanla., M.M., menyampaikan “Modus Operandi dari kejadian tersebut yaitu BBL berasal dari Cisolok Jawa Barat yang rencana akan diseberangkan ke daerah Lampung melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak dengan menggunakan Colt Diesel Thermoking (Box Tertutup), dengan cara muatan BBL disembunyikan di bagian depan box mobil dan tutupi oleh muatan lain berupa box steorofoam kosong sebagai alat pengelabuan”.

Dari hasil penangkapan tersebut telah diamankan 1 (satu) orang terduga pelaku yaitu supir berinisial LMP (47) beserta barang bukti sebanyak 14 box sterofom dengan rincian 72.000 ekor BBL jenis Pasir, 4.800 ekor BBL jenis Mutiara dengan jumlah total 77.800 dengan total kerugian negara mencapai Rp. 5 – 7 Milyar dan 1 buah Mobil Colt Diesel Thermoking.

Adapun saat ini terduga pelaku beserta barang bukti telah di amankan di Mako Lanal Banten untuk proses pemeriksaan lebih lanjut. Selanjutnya barang bukti BBL akan dilepasliarkan di Perairan Pulau Sangiang.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed