PRAJURIT MARINIR TNI ANGKATAN LAUT IKUTI PELATIHAN BAHAYA CBRN

*Dispen Kormar TNI Angkatan Laut (Hawaii).* Prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang tergabung dalam Satgas Latma _Multilateral Rim of The Pacific_ (Rimpac) 2024, mendapat pembekalan materi ancaman bahaya _Chemical, Biological, Radiological, and Nuclear_ (CBRN) bertempat di kelas 221 _Marine Corps Base_ Hawaii (MCBH) Amerika Serikat, Rabu (17/07/2024).

Pembekalan materi CBRN ini merupakan rangkaian dari Latma Multilateral Rimpac 2024, yang dipimpin oleh Sersan Melinjer beserta tim dari US Marines. Dalam pembekalan tersebut perserta diberikan pengenalan tentang apa itu CBRN dan Efek dari CBRN, bagaimana cara memakai alat pelindung diri (_Protective Gear_) dari bahaya CBRN, pengenalan alat deteksi, tindakan setelah terkontaminasi oleh CBRN dan bagaimana penandaan lokasi yang ada bahan kimia hingga cara melaporkan ke satuan atas.

Mayor Marinir Lukman Susanto selaku komandan unsur tugas Marinir TNI Angkatan Laut pada Latma Multilateral Rimpac 2024 mengatakan latihan pembekalan selain diikuti oleh Prajurit Korps Marinir TNI AL, juga dari negara Ecuador dan Brazil. Pelatihan bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang bahaya CBRN serta cara penanggulangan dampak bahaya CBRN dari perspektif kesehatan dalam mendukung pertahanan negara.

“Saat ini strategi perlindungan kesehatan bagi personel militer sudah berkembang dimana selain menyelamatkan nyawa juga aktif dalam menjaga kesehatan serta profesionalisme pelayanan para personel pertahanan dari bahaya CBRN”, ujar Mayor Marinir Lukman Susanto.

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed