Korbrimob Polri Menggelar Dharma Santi Umat Hindu Dalam Rangka Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 Tahun 2024

Nkrinews45.Com Depok -:Dharma Santi umat Hindu Korps Brimob Polri bersama Banjar Purna Widya dalam rangka perayaan Hari Suci Nyepi Tahun baru saka 1946. Kegiatan berlangsung di Gedung Satya Haprabu Mako Brimob Kelapadua, Cimanggis, Kota Depok pada Sabtu (23/Maret/2024) sore.

Pada Perayaan tersebut dihadiri langsung oleh Komandan Korps Brimob Polri Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han., Wadankorbrimob Polri Irjen Pol. Ramdani Hidayat, S.H., Danpas Pelopor Korbrimob Brigjen Pol. Drs. Waris Agono, M.Si., Dirjen Bimas Hindu Kementrian Agama RI Prof. Dr. Drs. I Nengah Duija, M.Si., Para Pejabat Utama Korbrimob, Para Dansat Korbrimob, Para Pinandita, Para Pimpinan lintas Agama, Para Ketua Banjar Jabodetabek, serta Para Pimpinan Organisasi Hindu tingkat Nasional.

Dharma Santi Nyepi kali ini mengusung tema “Implementasi Dharma Untuk Mewujudkan Indonesia Jaya”. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan tarian pendet untuk menyambut para hadirin. Setelah acara selesai dilaksanakan Buka Puasa Bersama sebagai bentuk toleransi umat beragama.

Dalam kesempatan tersebut, Dankorbrimob menyampaikan sambutan dan ucapan selamat Hari Suci Nyepi kepada umat Hindu di seluruh Indonesia. Perayaan Nyepi kali ini bersamaan dengan bulan puasa Ramadhan, momentum tersebut mengajarkan bahwa toleransi dan hidup rukun berdampingan antar umat beragama sudah dipraktekan dari masing-masing agama yang ada di Indonesia.

“Saya ucapkan selamat Hari Suci Nyepi, momentum ini bersamaan dengan Bulan Puasa Ramadhan, hal ini merupakan toleransi dan hidup rukun berdampingan antar Umat Beragama, Sikap saling Menghormati dalam menjalankan Agama adalah modal besar bagi Bangsa Indonesia untuk menjadi Bangsa yang Jaya,” ujar Dankorbrimob.

“Pada kegiatan Dharma Santi Nyepi kali ini saya mengajak umat Hindu seluruh Indonesia untuk Instrospeksi, menata kembali sikap dan perilaku dalam menjaga keharmonisan dengan alam, dengan sesama, dan dengan sang pencipta sehingga pergantian Tahun Baru Saka ini bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan yang baru untuk menuju Indonesia jaya,” tambahnya.

Pada akhir sambutannya, Dankorbrimob berharap melalui kegiatan Dharma Santi Nyepi tersebut hubungan yang harmonis agar tetap selalu dijaga sehingga apa yang dilaksanakan sebagai umat beragama bisa mewujudkan tujuan pemerintah untuk menjadikan Bangsa yang maju serta sesuai juga dengan tujuan Umat Hindu yaitu Mokshartam Jagadhita Ya Ca Iti Dharma.

Para perayaan tersebut, Dirjen Bimas Hindu Kementrian Agama RI juga memberikan sambutan bahwa sebagai Insan beragama dihaturkan kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa karena masih diberikan nafas yang panjang untuk menjalankan Swadarma dan Para Dharma.

“Kita wajib menghaturkan kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa karena masih diberikan nafas yang panjang untuk bisa menjalankan Swadarma, Para Dharma, Dharma Negara, dan Dharma Agama dalam keadaan Sehat Walafiat. Rangkaian hari suci telah dilaksanakan dengan lancar, mulai dari prosesi Melasti kemudian melakukan tawur Agung,” kata I Nengah Duija.

“Saya mengapresiasi kepada Ketua Panitia dan jajaran atas terselenggaranya acara Dharma Santi ini, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Dankorbrimob Polri yang telah ikut memberikan Ruang Umat kami untuk terus Belajar menjadi lebih baik,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed