KASAL TINJAU PEMBANGUNAN KAPAL PERANG PATROLI CEPAT 60 DI PT. CAPUTRA MITRA SEJATI

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 05 Maret 2024,— TNI Angkatan Laut akan kembali menambah kekuatan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) berupa dua unit Kapal Perang Patroli Cepat (PC) 60 Meter melalui Satuan Tugas Proyek Pengadaan Dalam Negeri (Satgas Yekda DN) Kapal PC 60 yang ditinjau langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali di Galangan PT. Caputra Mitra Sejati (CMS), Serang, Banten, Selasa (05/03).

Peninjauan ini diawali dengan sambutan oleh Direktur Utama PT. CMS Bapak Kriss Pramono yang dilanjutkan paparan fasilitas galangan oleh Project Leader, Bapak M.Ghufron dan safety induction oleh Manager HSE PT CMS, Ibu Ambar Setyowati, serta paparan laporan kemajuan pembangunan Kapal PC 60 oleh Dansatgas, Kolonel Laut (P) Sigit Pujiman Catur Ap., M. Tr. Hanla., M.M. yang menyampaikan bahwa pembangunan PC 60 ini berjalan dengan baik ditandai dengan hasil pencapaian progress riil sebesar 76,67% dari perencanaan sesuai kontrak sebesar 75,42% sehingga memperoleh nilai deviasi positif pembangunan sebesar 1,25%.

Dalam kegiatan tersebut, Kasal menyebutkan bahwa dengan kunjungan kerja ini, dapat ditunjukkan secara langsung pembangunan Kapal PC 60, selain itu Kasal juga menyampaikan terima kasih atas progress yang sudah diberikan kepada TNI AL.

“Terima kasih kepada PT. Caputra Mitra Sejati yang dengan baik memproduksi, kunker ini bertujuan untuk melihat proyek kita PC 60 M, semoga kerja sama ini berjalan dengan baik dan dapat ditingkatkan sehingga bisa mendukung produksi Alutsista TNI AL”, ujar Kasal.

Seusai menerima paparan, Kasal melanjutkan kegiatan dengan melaksanakan peninjauan langsung ke workshop tempat produksi Kapal PC 60 untuk mengetahui proses pembuatan, melihat fasilitas pendukung yang terdiri dari ruang kelas pelatihan dan messing bagi calon pengawak (Cawak) kapal PC 60.

Kapal yang memiliki panjang 61,20 M, lebar 8,5 M dan tinggi 4,95 M ini dipersenjatai dengan 1 X Mer 40 mm Marlin ILOS dan 2 X Senjata Metraliur 12,7 mm. Kapal PC 60 ini akan diluncurkan pada bulan Mei 2024 dan direncanakan rampung pada November 2024 mendatang.

Sebelumnya, PT CMS juga memproduksi Alutsista Kapal Perang TNI Angkatan Laut yang meliputi KRI Cakalang-852, KRI Kurau-856, KRI Albakora-867, KRI Bubara-868, KRI Gulamah-869, KRI Posepa-870, KRI Escolar-871, KRI Dorang-874 dan KRI Bawal-875.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut diantaranya Wakasal, Irjenal, Asrena Kasal, Aslog Kasal, Askomlek Kasal, Danlantamal III Jakarta, Kadislaikmatal, Kadiskomlekal, dan Kadisadal, serta Danlanal Banten.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed